Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menonaktifkan Auto-Correct di Android

 


Auto-correct atau koreksi otomatis adalah hal yang konstan di sebagian besar ponsel Android modern, tetapi terkadang hal itu bisa lebih merugikan daripada menguntungkan. Meskipun seharusnya membantu pengguna menghindari kesalahan eja, namun auto-correct dapat dengan mudah salah menilai apa yang anda coba ketik dan mengubah kata-kata yang anda maksud menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda. Kebetulan, sebagian besar dari kita memiliki pengalaman dengan auto-correct yang gagal dan sadar bagaimana mereka dapat dengan mudah membajak seluruh percakapan dan menyebabkan kebingungan.


Jika anda melihat kesalahan auto-correct ini lebih sering terjadi, sebaiknya nonaktifkan auto-correct di perangkat Android anda.



1. Nonaktifkan Auto-Correct untuk Gboard


Sebagian besar perangkat Android saat ini dilengkapi dengan keyboard Gboard yang terpasang secara default. Jika anda mengandalkan Gboard untuk aktivitas mengetik, inilah cara anda menghilangkan auto-correct.


  • Buka aplikasi Settings di ponsel anda, kemudian gulir ke bawah hingga anda menemukan System dan ketuk di atasnya.

  • Pilih Language & input dan selanjutnya, klik Virtual keyboard.



  • Anda akan melihat daftar semua keyboard yang diinstal pada perangkat anda. Pilih salah satu yang sedang anda gunakan, dalam hal ini Gboard.

  • Setelah anda mengakses pengaturan Gboard, cari dan ketuk opsi Text Correction.

  • Kemudian gulir ke bawah hingga anda mencapai bagian Correction dan nonaktifkan opsi Auto-correction. Atau, anda dapat membiarkan Auto-correction aktif, tetapi aktifkan juga opsi mengaktifkan opsi Undo auto-correct on backspace yang terletak dibawahnya.




Sekarang anda dapat kembali ke aplikasi messaging tanpa harus khawatir akan mengetik sesuatu yang konyol.


Jika auto-correct anda saat ini tidak aktif dan anda ingin mengaktifkannya kembali, cukup ikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan kembali opsi Auto-correction.


Mengingat ada banyak opsi lain yang berkaitan dengan keyboard, anda mungkin harus tahu bahwa kebanyakan dari mereka memberi anda opsi untuk menonaktifkan auto-correct pada masing-masing pengaturannya.



2. Nonaktifkan Auto-Correct Jika Anda Menggunakan Keyboard Virtual Berbeda


  • Sekali lagi, buka Settings di ponsel anda, kemudian pilih Languages & input - Virtual keyboard.

  • Pilih keyboard yang anda gunakan. Dalam hal ini, saya menggunakan Chrooma.



  • Anda akan diarahkan langsung ke aplikasi.

  • Ketuk Language di bagian bawah layar.

  • Pilih Text correction.



  • Dari menu pop-up yang muncul, ketuk Auto-correction untuk melihat opsi. Ada lebih banyak opsi di Chrooma daripada di Gboard.

  • Anda dapat memilih untuk menonaktifkan fitur sepenuhnya dengan memilih Off dan ketuk OK atau memilih seberapa agresif anda ingin auto-correct anda. Pilih antara Modest, Aggressive atau Very Aggressive.




Langkah-langkah ini bervariasi tergantung pada keyboard yang anda gunakan, tetapi anda harus menemukan opsi yang relevan jika anda meluangkan waktu untuk mengutak-atik menu aplikasi.



3. Cara Menonaktifkan Auto-Correct pada Samsung


Jika anda menggunakan ponsel Samsung, kemungkinan besar anda menggunakan keyboard Samsung untuk mengetik. Untuk menonaktifkan auto-correct di perangkat anda, temukan opsi yang disebut Auto replace di Settings ponsel anda.


  • Buka Settings pada perangkat anda, kemudian arahkan ke General management dan pilih Language and input.

  • Selanjutnya pilih Samsung keyboard settings.

  • Dari sana anda harus menonaktifkan Predictive Text, yang juga menonaktifkan fitur Auto replace sehingga anda dapat mengetik dengan tenang.




Auto-correct sering kali dapat menyelamatkan kita dari membuat kesalahan konyol saat mengetik pesan, terutama jika kita sedang terburu-buru, tetapi auto-correct juga dapat membuat kita terlihat buruk dengan memilih kata yang tidak kita inginkan. Jika anda merasa cukup yakin bahwa anda tidak akan membuat kesalahan tanpa auto-correct, anda dapat menonaktifkan fitur ini.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang 5 opsi accessibility Android bermanfaat yang tidak pernah anda tahu atau 4 alternatif pengganti WhatsApp terbaik yang benar-benar menghormati privasi anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Auto-Correct di Android"