Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tutorial Membuat Aplikasi Weather dengan Android Studio

Tutorial Membuat Aplikasi Weather dengan Android Studio
Tutorial Membuat Aplikasi Weather dengan Android Studio

Halo sobat 48 😁. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas tentang Tutorial Membuat Aplikasi Weather dengan Android Studio. Untuk datanya saya ambil dari OpenWeatherMap ya.

Sebelumnya saya sudah membagikan tutorial yang sama dengan judul Membuat Aplikasi Cuaca. Tetapi menurut saya kodingan yang saya buat itu terlalu rumit bagi pemula, dan berantakan. Maklum, dulu saya masih awam dalam menulis program😁.

Untuk kali ini saya buat lebih simpel dan tampilan yang lebih bagus. Jika sebelumnya saya menggunakan Volley untuk Rest API dan Java untuk bahasanya, kali ini saya menggunakan Fast Android Networking dan Kotlin.

Aplikasi ini nantinya akan menampilkan cuaca berdasarkan lokasi kalian berada dan ada cuaca dihari yang sama untuk beberapa jam kedepan. Selain itu, saya juga buatkan cuaca untuk 15 hari kedepan.

Buat kalian yang ingin langsung mencobanya, silahkan unduh melalui Github saya SOURCE CODE DISINI. Tetapi jika kalian ingin tahu cara mengaplikasikannya, silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai.

Jika kamu ingin mencoba tutorial aplikasi ini dengan versi video, berikut saya berikan Videonya:


Jangan lupa subscribe Channel Youtube saya juga ya Azhar Rivaldi, karena disana ada banyak tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi lainnya. Oke langsung saja tanpa basa-basi lagi kita langsung ke langkah pertama :

1. Seperti biasa, buat project baru di Android Studio dengan cara klik File ⇒ Project Baru. Ketika diminta untuk memilih Default Activity, pilih Empty Activity dan klik next. Untuk minSDK, disini saya set API 21 ya. Ingat, jangan langsung Run atau Copy Paste Source Code dari saya, pasti akan terjadi error jika beda bersi Gradle dan beda versi Android Studionya. Untuk tutorial ini, saya buat dengan bahasa Kotlin ya.

2. Kemudian kamu import library Fast Android Networking untuk Rest API, TextDrawable, ShimmerRecyclerView dan Library Lottie ke gradle:
Source : build.gradle

3. Kamu tambahkan Permission Internet ke AndroidManifest.xml.
Source : AndroidManifest.xml

4. Buat Class Main untuk menampilkan cuaca di menu utama. Buat activity_main.xml dan MainActivity.kt.
Source : activity_main.xml, dan MainActivity.kt

5. Buat Class Fragment untuk menampilkan cuaca 15 hari kedepan. Buat fragment_next_day.xml dan FragmentNextDays.kt.
Source : fragment_next_day.xml, dan FragmentNextDays.kt

6. Buat Class Adapter Main. Buat list_item_main.xml dan MainAdapter.kt.
Source : list_item_main.xml, dan MainAdapter.kt

7. Buat Class Adapter Next Days. Buat list_item_next_days.xml dan NextDayAdapter.kt.
Source : list_item_next_days.xml, dan NextDayAdapter.kt

8. Buat Class Model sebagai POJO. Buat ModelMain.kt dan ModelNextDay.kt.
Source : ModelMain.kt dan ModelNextDay.kt

9. Buat Class untuk API. Buat ApiEndpoint.kt.
Source : ApiEndpoint.kt

10. Yang terakhir buat XML untuk Toolbar. Buat toolbar.xml.
Source : toolbar.xml

11. Selesai dan coba kalian Run. Jika kalian mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, pasti aplikasi yang kalian buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun jika mengalami Error, silahkan berikan komentar dan kita diskusikan bersama.

Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Tutorial Membuat Aplikasi Weather dengan Android Studio ini. Subscribe juga blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

Posting Komentar untuk "Tutorial Membuat Aplikasi Weather dengan Android Studio"