Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Index Artikel di Google Search Console Terbaru 2019

Google Search Console 2019
Google Search Console
Halo sobat 48😁 kali ini admin akan membagikan sebuah artikel yang berjudul Cara Index Artikel di Google Search Console Terbaru 2019. Ya, karena belum lama ini pada menu dashboard Google Search Console versi lama memberitahukan bahwa pada tanggal 28 Maret 2019 sudah tidak bisa melakukan indeks lagi.

Maka dari itu Google menyarankan agar para Blogger menggunakan Google Search Console terbaru 2019. Karena bagi sebagian Blogger, mengindeks artkel atau postingan itu sangat penting agar muncul di laman pencarian Google. Syukur-syukur kalau artikelnya Page-One, pasti pengunjungnya akan ramai😁. Google sendiri sedang mengembangkan tampilan Google Search Console terbaru dengan tampilan yang lebih bagus. Berikut tampilannya :
Google Search Console Terbaru
Google Search Console Terbaru
Admin bahas terlebih dahulu fitur Google Search Console yang diberikan oleh Google secara gratis. Ini bermanfaat untuk memonitor, menjaga dan melakukan perbaikan pada situs yang kamu miliki, sehingga blog kita bisa lebih maksimal tampil di halaman pencarian Google. Ada banyak sekali manfaat dari Google Search Console seperti :
  • Melakukan konfirmasi bahwa Google dapat mencari dan meng-crawl blog dan artikel
  • Melakukan perbaikan indeks dan meminta indeks ulang terhadap konten yang sudah diupdate pada artikel yang sudah lama di publish
  • Dapat melihat laporan Google Search Traffic Data untuk blog, melihat seberapa sering blog kalian tampil di pencarian Google, serta mengetahui keyword apa saja yang digunakan oleh pengunjung untuk membuka blog kalian di pencarian
  • Dapat mengetahui dan melihat backlink yang menuju ke blog kalian
  • Memperbaiki permasalahan AMP bagi blog yang menggunakan fitur AMP
Dan Google Search Console terbaru ini tentunya memiliki banyak kelebihan, seperti misalnya laporan yang lebih sederhana, User Interface yang lebih mudah dan Friendly, inspeksi URL yang lebih memudahkan kita juga.

Pada Google Search Console versi lama, kita memakai Fetch as Google pada tab crawl / perayapan. Namun sekarang kita diarahkan ke Google Search Console terbaru yang mana jika kita ingin meminta Google mengindeks, kita cukup memasukkan URL baru di bagian tab inspeksi URL.

Berikut penjelasannya :
  1. Buka Google Search Console terbaru di alamat : https://search.google.com/search-console dan masuk menggunakan akun Google yang terkait dengan blog.
  2. Pilih tab "Inspeksi URL" atau "URL Inspection" kemudian copy kan URL artikel blog yang baru saja di publish ke address bar diatas yang sudah dipersiapkan. 
    Google Search Console
    Google Search Console
    Tekan enter. Lalu tunggu hingga Google Search Console melakukan crawl terhadap URL artikel baru blog kalian. Kemudan, silahkan kalian tekan MINTA PENGINDEKSAN dan tunggu sesaat agar Google mengambil data.
    Google Search Console
    Google Search Console
  3. Setelah meminta pengindeksan, Google akan menguji apakah URL yang kalian masukkan pada address bar bisa di indeks atau tidak. Ini berlangsung selama 1-2 menit.
    Google Search Console
    Google Search Console
  4. Jika tidak ada masalah, maka akan muncul Pop Up seperti ini :
    Google Search Console
    Google Search Console
  5.  Setelah semuanya selesai, maka statusnya akan berubah menjadi "URL Tersedia untuk Google".
Demikian informasi yang saya bagikan untuk kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian agar ikut membaca Cara Index Artikel di Google Search Console Terbaru 2019 ini. Subscribe juga di blog Rivaldi 48 ini agar kalian mendapatkan notifikasi saat Admin update artikel terbaru. Semoga kalian lebih nyaman dan mudah dalam mengakses Blog Rivaldi 48 dimanapun kalian berada. Terima Kasih. Follow Instagram Admin @azhardvls_

Posting Komentar untuk "Cara Index Artikel di Google Search Console Terbaru 2019"